Ahad, 13 Disember 2015

Sejarah 7 Lagu Karol Krismas Yang Sering Didengar

Natal dikhususkan untuk merayakan kelahiran Sang Juruselamat, Yesus Kristus yang telah lahir ke dunia menjadi manusia. Saat Natal menjelang, kita akan sering mendengar lagu Natal. Lagu tersebut akan dinyanyikan ketika di gereja, ataupun di rumah.

Melalui artikel ini Menginspirasi.com akan mengajak anda mengenal 7 lagu Natal yang sering diputar. Anda siap? Berikut adalah lagu-lagu tersebut:

Koir Anderson School, Jakarta menyanyikan :Jingle Bells"

1. Joy To The World - Kesukaan Bagi Dunia

Jika selama ini anda berfikir bahwa, lagu Joy To The World untuk merayakan kedatangan Tuhan Yesus yang pertama kali. Ternyata, lagu yang ditulis oleh Isaac Watts ini untuk merayakan kemenangan Yesus pada akhir zaman. Seluruh dunia dipanggil untuk merayakan kemenangan tersebut untuk merayakan kesetiaan Allah kepada bangsa-Nya yang telah berhasil membawa keselamatan. 

Joy To The World ditulis oleh Isaac Watts, merujuk kepada ayat pertengahan dalam Mazmur 98. Lagu ini pertama kali diperdengarkan tahun 1719 dalam album Isaac Watts. 

Joy To The World dinyanyikan semula oleh Ruth Sahananya tahun 2015. Penyanyi internasional yang lebih dulu adalah David Morales dan Mariah Carey. 

2. White Christmas 

Lagu ini ditulis pada tahun 1960an oleh Irving Berlin, seorang keturunan Yahudi, yang juga telah menulis 1500 lagu lainnya. Pagi hari setelah Irving Berlin menulis lagu ini, ia segera ke pejabat dan memberitahu setiausaha muziknya untuk mengambil pena dan mencatat lirik lagu White Christmas, Irving berkata kepada setiausahanya bahwa dia baru saja menulis lagu terbaik yang belum pernah ditulis oleh orang lain. 

Lagu White Christmas mengisahkan tentera perang dunia ke-2 bersama dengan keluarga yang sedang menunggu kepulangan mereka dari medan perang.

Dari tahun 1960an sampai sekarang, lagu ini tetap dinyanyikan di berbagai bahagian dunia. Penyanyi dari Indonesia yang menyanyikan lagu ini adalah Anggun yang berduet bersama Luca Barbarossa dan dirakam semula oleh Billy Simpson. 

3. Hark! The Herald Angels Sing - Gita Sorga Bergema

Lagu ini ditulis oleh Charles Wesley yang diterbitkan tahun 1739. Charles Wesley merupakan saudara dari John Wesley pendiri gereja Methodis.

Gita Sorga Bergema sering dibawakan oleh paduan suara gereja ketika Natal menjelang. Isinya bercerita tentang sukacita kerana kelahiran Sang Juruselamat.

Penyanyi yang pernah menyanyikan lagu ini adalah Celtic Woman dan Pentatonix. Kemudian dalam versi bahasa Indonesia, dinyanyikan bersama oleh Angel Pieters, Citra Scholastika, Novita Dewi, dan Regina.

4. Mary Did You Know

Lagu ini ditulis oleh Mark Lowry dan Buddy Greene. Lagu klasik yang awalnya dirakam oleh artis rohani bernama Michael English dalam album solo tahun 1991, kini menjadi lagu Natal klasik yang modern, dinyanyikan oleh ramai penyanyi dari berbagai dekad.

Mary Did You Know versi Cee Lo Green menjadi versi yang sering kita dengarkan, menjadi penutup dalam filem Son of God (Anak Allah).

Secara umum, Mary Did You Know menceritakan tentang pertanyaan kepada Ibu Yesus apakah ia menyedari bahwa anaknya akan melakukan hal-hal yang besar selama hidup dalam dunia, termasuk berjalan di atas air dan menyelamatkan manusia, seperti yang terkandung dalam lagu tersebut.

5. Jingle Bells - Ding Dong Ding

Jingle Bells ditulis oleh James Lord Pierpont (1822–1893). Meskipun sekarang menjadi lagu Natal, namun sebenarnya lagu ini ditulis untuk merayakan hari pengucapan syukur di Amerika Serikat.

Awalnya lagu ini diterbitkan dengan judul "One Horse Open Sleigh" pada musim luruh 1857. Pada tahun 1859 dirakam semula dengan judul "Jingle Bells, or the One Horse Open Sleigh."

6. O Holy Night - Malam Kudus

Lagu O Holy Night popular dinyanyikan oleh Mariah Carey. Salah satu penyanyi di Indonesia yang pernah menyanyikan lagu ini adalah Serena.

O Holy Night ditulis oleh Adolphe Adam tahun 1847 dalam bahasa Perancis. Selainnya juga dinyanyikan dalam bahasa Inggeris, Korea, termasuk Bahasa Indonesia berjudul Malam Kudus. 

7. Silent Night - Malam Kudus

Pertama kali dipersembahkan dalam perayaan Natal tahun 1818 di gereja  St Nicholas Parish. Silent Night ditulis oleh Joseph Mohr, dan muziknya oleh Franz Xaver Gruber.

Lagu ini dirakam semula oleh penyanyi lainnya seperti Mariah Carey, Jackie Evanco dan dinyanyikan live oleh Kelly Klarkson.

Novita Dewi, Judika, Citra Scholastika, Regina, dan Nowela pernah menyanyikan lagu ini dalam bahasa daerah masing-masing iaitu Batak, Jawa, Manado, dan Papua dalam Natal sebuah acara TV swasta. 

(Dialihbahasa dari artikel Menginspirasi.com bertajuk "Sejarah 7 Lagu Rohani Natal Yang Sering Didengar" bertarikh 12 Disember 2015)