Sabtu, 6 Februari 2016

Daftar Gereja Terbesar Di Indonesia



Berikut adalah daftar sederhana mengenai Gereja terbesar di Indonesia. Kata "gereja" sendiri memiliki banyak erti. Walaupun erti utamanya adalah "jiwa" ataupun jemaat yang hadir di dalamnya, tetapi kali ini saya mengukurnya dengan ukuran bentuk fizikal bangunannya. Secara minima dengan jumlah kapasitinya, kita dapat menghitung secara kasar mengenai jumlah jemaat yang beribadah di dalamnya.

Saya yakin ada banyak gereja lainnya yang lebih besar daripada daftar yang saya buat, namun saya tidak memasukkannya kerana kekurangan data dan sangat sulit menemukannya. Jika ada dari anda yang tahu informasinya dan ingin menambahkannya, boleh mengirimkannya via email ke garrytengker@gmail.com. Tapi untuk tempat 1-3, saya yakin sekali bahwa kedudukan itu tidak berubah.

Graha Bethany Nginden, Surabaya
1. Graha Bethany Nginden, Surabaya 
    (Gereja Bethany Indonesia)
Kapasiti : 35.000 - 40.000 jemaat
Pengasas : Pdt. Prof. DR. Abraham Alex Tanuseputra
Gembala : Pdt. David Aswin Tanuseputra
Aliran : Karismatik

Pada tahun 1978, Gereja Bethany didirikan oleh Pdt. Abraham Alex Tanuseputra, di Jalan Manyar Rejo I/29 Surabaya. Bethany pada saat itu tergabung sebagai bahagian dari Sinode Gereja Bethel Indonesia (GBI), sehingga Gereja tersebut disebut sebagai GBI Jemaat Bethany atau GBI Bethany. Dalam penggembalaan jemaat GBI Bethany ini, Pdt. Alex mencetuskan "Successful Bethany Families" sebagai visi gereja tersebut.

Tahun 1987, dimulai visi pembangunan Graha Bethany, Nginden, Surabaya dengan kapasiti 20.000 orang dan selesai pada tahun 2000. Graha Bethany dianggap sebagai sebuah gedung gereja yang terbesar di Asia Tenggara. Namun informasi terbaru bahwa Bethany Surabaya sudah meningkatkan kapasitinya menjadi 35.000 jemaat dan sedang membangun Bethany Makassar dengan kapasiti 40.000 jemaat (data masih perlu disahkan).


Gereja Kerajaan Allah, Semarang
2. JKI Kerajaan Allah Semarang, Bandung 
     (Jemaat Kristen Indonesia)
Kapasiti : 12.000 jemaat
Gembala : Pdt. DR. Petrus Agung Purnomo
Aliran : Karismatik

Gedung ini telah dirasmikan pada tahun 2007. Gedung ini sendiri terletak di Kompleks Grand Marina Semarang Utara.

Gereja Mawar Sharon, Jakarta
3. GBI Mawar Sharon Kelapa Gading, Jakarta 
    (Gereja Bethel Indonesia)
Kapasiti : 10.000 Jemaat
Gembala : Pdt. DR. Jacob Nahuway
Aliran : Karismatik

Mulanya, Pdt. Jacob merintis GBI Mawar Sharon di Jl. Kwitang No. 2, Jakarta-Pusat pada bulan Februari 1979 di ruangan ukuran 7x7 meter.

Oleh Anugerah Tuhan Yesus Kristus, pada tanggal 21 Desember 1992, GBI Mawar Saron membeli sebidang tanah seluas 9870 m di Jl. Hybrida Timur, Kelapa Gading Permai, Jakarta Utara. Kemudian dalam bulan April 1995, pembangunan gedung gereja dengan ukuran 20m x 65m mulai dibangun dan pada tanggal 18 Julai 1995 gedung gereja dirasmikan oleh Pdt. David Yonggi Cho.

Hingga sekarang, di lokasi ini telah berdiri gedung gereja seluas 20 m x 60 m, dengan kapasiti 2000 orang, gedung pejabat sekretariat lima tingkat seluas 32 m x 32 m, gedung Sekolah Penginjil lima tingkat seluas 18 m x 35 m, dan gedung Lembaga Pendidikan Mawar Saron lima tingkat. GBI Mawar Saron juga telah membeli sebidang tanah, yang berdekatan dengan lokasi gereja, untuk menjadi tempat doa.

Pada tanggal 25 Februari 2003, GBI Mawar Saron membangun gedung gereja dengan kapasiti 10.000 tempat duduk di lokasi yang sama.

Gereja Keluarga Allah, Solo
4. GBI Keluarga Allah, Solo (Gereja Bethel Indonesia)
Kapasiti : 5000 jemaat
Gembala : Pdt. Obaja Tanto Setiawan
Aliran : Karismatik

Keluarga Allah adalah sebuah gereja yang berdiri di Solo pada tahun 1989. Jumlah jiwa yang berjemaat di Gereja Keluarga Allah di wilayah Indonesia saat ini telah mencapai 30.000 jiwa. 

Pusatnya ada di kota Solo, ruang utama gedung ibadahnya berkapasiti 5000 tempat duduk, ditambah ruang tambahan lain, memiliki lebih dari 20 ribu jemaat di Solo, memiliki stesen televisyen tempatan "TA TV", radio tempatan El Shadai FM, Sekolah dari SD (sekolah dasar) sampai SMA (sekolah menengah atas), dan sebuah STT.

Salah satu gereja cabangnya yang di Jogja memiliki ruang ibadah dengan kapasiti 1500 tempat duduk, ruang ibadahnya ada di mall Saphir Square (setahu saya ruang ibadah ini hak milik bukan sewa dari Mall Saphir). Dengan jemaat di Jogja sekitar 7000 jiwa. Memiliki STMIK dan radio Impact FM. Cabang Jogja ini baru berusia 11 tahun.

Gereja Kristus Alfa Omega, Semarang
5. GBT Kristus Alfa Omega, Semarang 
    (Gereja Bethel Tabernakel)
Kapasiti : 4500 + 600 jemaat
Gembala : Pdt. Ir. Timotius Subekti
Aliran : Karismatik



Untuk memenuhi keperluan ruang-ruang dan tempat meletak kereta, maka diadakan pembangunan tahap kedua, di Jalan Gajah Mada 114-118 Semarang. Setelah melalui pergumulan doa, maka dapat dibeli sebidang tanah seluas 900 meter persegi, yang sebelumnya adalah lapangan bola keranjang milik Yayasan Olah Raga “Sahabat” dan beberapa rumah yang berdekatan. Pembangunan dimulai pada tanggal 3 April 2006. Atas dukungan seluruh jemaat dan pihak-pihak yang terbeban, maka pembangunan dapat diselesaikan dan ditahbiskan pada tanggal 21 April 2009.

Adapun biaya pembangunan sampai dengan 18 Mac 2009 adalah sebesar Rp.19,37 Milyar, ditambah sumbangan-sumbangan material, antara lain kerusi, AC, simen, kaca, atap, gypsum dan lain-lain.

Gereja Basilea CC Serpong, Banten
6. GBI Basilea CC Serpong, Banten 
    (Gereja Bethel Indonesia)
Kapasiti : 2.500 jemaat
Gembala : Pdt. Jonathan Samuel Tahir
Aliran : Karismatik



Gereja ini memang hanya memiliki kapasiti 2.500 tempat duduk, namun pernah juga tempat ini menampung sampai 3.000 jemaat. Pada tahun 2011 bulan April, gereja ini pernah diancam bom.

Gereja Tiberias Kelapa Gading, Jakarta
7. GTI Kelapa Gading, Jakarta 
    (Gereja Tiberias Indonesia)
Kapasiti : 2.000 jemaat
Gembala : Pdt. Yesaya Pariadji
Aliran : Karismatik

Gereja Tiberias yang terletak di Jalan Nias Kelapa Gading adalah Gereja Tiberias yang ke-6 di Kelapa Gading setelah Tiberias Boulevard Selatan, Tiberias Mall of Indonesia, Tiberias Center, Dome of Tiberias, Tiberias Gading Marina. Gedung ini sangat mewah dan baru saja dirasmikan oleh Gabenor DKI ketika itu, Fauzi Bowo.

Selain gedung di atas, Tiberias juga memiliki gedung Imperium (tidak diketahui secara pasti mengenai status pemilikannya) yang terletak di Batam yang memiliki struktur bangunan yang mewah. Begitu juga gedung mewah yang ada di Manado.

Tuhan Yesus memberkati

(Dialihbahasa daripada artikel Internet Church bertajuk, "Daftar Gereja Terbesar Di Indonesia")