Jumaat, 12 Februari 2016

Makna Dan Manfaat Persembahan Persepuluhan


Amsal 3:9-10
“Muliakanlah TUHAN dengan hartamu dan dengan hasil pertama dari segala penghasilanmu, maka lumbung-lumbungmu akan diisi penuh sampai melimpah-limpah, dan bejana pemerahanmu akan meluap dengan air buah anggurnya.”
Kita semua pernah mendengar kata “persepuluhan,” tapi apa ertinya? Persepuluhan bererti sepersepuluh. Dari sejak Abraham sampai ke bawah, semua orang percaya membawa persembahan persepuluhan atau mengambil 10 peratus pertama dari pendapatan mereka dan memberikannya kembali kepada Allah. Mengapa?

1. Kita membawa persembahan perpuluhan sebagai ungkapan rasa syukur kita atas pemeliharaan Tuhan di masa lalu.

“Tuhan, aku menyedari bahwa semua yang saya raih sampai saat ini, apapun yang saya miliki, semuanya adalah milik-Mu. Dan sekarang saya ingin memberikan persembahan persepuluhan atau 10 peratus dari seluruh penghasilanku kepada-Mu sebagai ungkapan rasa bersyukur dan terima kasihku.”

2. Kita membawa persembahan perpuluhan untuk memelihara keutamaan hidup kita dengan tepat di masa sekarang.

Ulangan 14:23
“Di hadapan TUHAN, Allahmu, di tempat yang akan dipilih-Nya untuk membuat nama-Nya diam di sana, haruslah engkau memakan persembahan persepuluhan dari gandummu, dari anggurmu dan minyakmu, ataupun dari anak-anak sulung lembu sapimu dan kambing dombamu, supaya engkau belajar untuk selalu takut akan TUHAN, Allahmu.”
Tujuan dari persepuluhan adalah untuk mengajar kita belajar untuk selalu takut akan Tuhan, atau belajar mengutamakan Allah dalam setiap aspek kehidupan kita. Jadi, persembahan persepuluhan ini bermanfaat untuk mengingatkan kita dan mengajarkan kita bahwa Tuhan adalah yang terutama dan yang pertama dalam hidup kita.

3. Kita memberikan persembahan perpuluhan sebagai pernyataan iman untuk masa depan.

Ketika kita memberikan wang atau memindahkan wang ke akaun persepuluhan, kita sedang berkata, “Tuhan, Engkau telah memelihara hidup saya di masa lalu, jadi sekarang saya mempercayakan hidup saya kepada-Mu dan saya memberikan persembahan persepuluhan ini kepada-Mu sebagai ungkapan iman saya bahwa Engkaulah yang akan mencukupi segala keperluanku di masa depan. ”
Dalam Maleakhi 3:10, Tuhan memberikan kita sebuah cabaran: “Bawa seluruh perpuluhan ke dalam rumah perbendaharaan, supaya ada persembahan makanan di rumah-Ku dan ujilah Aku, firman Tuhan semesta alam, apakah Aku tidak membukakan bagimu tingkap-tingkap langit dan mencurahkan berkat kepadamu sampai berkelimpahan.”
Tuhan berkata, “Aku mencabar engkau untuk utamakanlah Aku, Tuhan Allahmu di dalam setiap aspek hidupmu, termasuk kewanganmu, dan lihatlah tidakkah Aku akan memberkati engkau berlimpah-limpah?”
Cuba Anda fikirkan dan renungkan berapa harga yang harus Anda bayar bila mana Anda tidak mentaati firman Tuhan tentang persembahan perpuluhan ini?
Tuhan Yesus memberkati
(Dialihbahasa daripada artikel Sapta Tandi bertajuk "Makna Dan Manfaat Persembahan Persepuluhan" bertarikh 25 April 2015)